About

Rabu, 02 Agustus 2023

KEBIJAKAN JARINGAN( IBU ASIH).

 Apa Itu Kebijakan Jaringan?

Kebijakan jaringan adalah kumpulan aturan yang mengatur perilaku perangkat jaringan. Sama seperti pemerintah federal atau pusat dapat menetapkan kebijakan untuk diikuti oleh negara bagian atau distrik untuk mencapai tujuan nasional, administrator jaringan menentukan kebijakan untuk diikuti perangkat jaringan untuk mencapai tujuan bisnis.

Manfaat kebijakan jaringan

Jaringan yang menjalankan kebijakan dapat diotomatisasi dengan lebih mudah dan oleh karena itu merespons perubahan kebutuhan dengan lebih cepat. Banyak tugas umum, seperti menambahkan perangkat dan pengguna serta memasukkan aplikasi dan layanan baru, kini dapat diselesaikan dengan mudah. Kebijakan yang terdefinisi dengan baik dapat menguntungkan jaringan dengan cara berikut:


Menyelaraskan jaringan dengan kebutuhan bisnis

Memberikan layanan yang konsisten di seluruh infrastruktur

Bawa kelincahan melalui otomatisasi yang lebih besar

Jadikan kinerja dapat diandalkan dan diverifikasi

Keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan adalah keuntungan keamanan dari kebijakan. Dengan mendefinisikan kebijakan secara terperinci yang memberi pengguna dan perangkat akses paling sedikit ke sumber daya yang mereka perlukan untuk melakukan tugasnya, Anda dapat melindungi data sensitif dengan lebih baik. Pelanggaran dapat ditangkap dan dikurangi dengan cepat. Tindakan keamanan tanpa kepercayaan seperti itu mengurangi risiko, menahan ancaman, menghentikan pergerakan malware secara lateral, dan membantu memverifikasi kepatuhan terhadap peratura 


  KEBIJAKAN PENGGUNA JARINGAN 

Kebijakan penggunaan jaringan adalah sekumpulan aturan yang dirumuskan untuk mengontrol keamanan jaringan pada jaringan sistem di tempat tertentu. Kebijakan pengguna jaringan dibagi 3, yaitu; kebijakan organisasi, etika menggunakan jaringan dan kebijakan mengakses computer. 


 1) KEBIJAKAN ORGANISASI

Kebijakan organisasi adalah suatu kebijakan mengenai keamanan jaringan yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi, instansi atau lembaga tempat dimana sistem jaringan tersebut berada. 

Kebijakan ini bersifat mengikat atas seluruh member organisasi untuk dipatuhi secara bersama-sama. Pelanggaran terhadap kebijakan ini tentu akan mengakibatkan kerentanan sistem terhadap serangan. Dan atas dasar itu bagi siapapun yang melanggar akan dikenai sanksi organisasi. 

Diantara contoh dari kebijakan organisasi adalah : 

a) Tata  kelola  sistem  komputer;  berupa  distribusi  peripheral  dan  device/komputer  yang dibolehkan terkoneksi dalam satu titik. 

b) Pengaturan  kerapian  pengkabelan;  memudahkan  maintenance  dan  menghindari  dari potensi kerusakan. 

c) Pengaturan akses wi-fi; password protected, dan membatasi akses keluar organisasi untuk untrusted device. 

d) Manajemen  data  organisasi;  jika  memang  menshare  database,  maka  harus  diketahui bagaimana metode penyimpanan aman, dan menerapkan level akses 

e) Sinkronisasi antar sub-organ; memudahkan integrasi dan pencapaian maksimal organisasi. 

f) Manajemen  Sumber  Daya;  pengaturan  yang  terus  dipantau  baik  dari  sisi  sumber  daya manusia maupun resources data 

g) Maintenance & Checking berkala; menghindari serangan dengan adaptif dan preventif.

2)  Etika menggunakan jaringan computer 

Setiap kita melakukan suatu kegiatan pasti ada aturan atau etika yang harus dilakukan, karena jika tidak bisa berdampak negative bagi kita sendiri maupun orang lain. Begitu juga saat menggunakan jaringan kita juga harus memperhatikan etika-etika yang berlaku. Diantaranya etika tersebut adalah : 

a)  Memahami Akses Pengguna 

b)  Memahami kualitas daya Organisasi 

c)  Pengaturan penempatan sub-organ 

 

Jaringan komputer terkait juga dengan internet. Internet memiliki banyak kelemahan, dalam interaktif perlu membangun suasana yang nyaman bagi lawan interaktif kita. Salah satu kelemahan internet sebagai media interaktif yaitu : 

a)  Kita tidak tahu kondisi emosi lawan interaktif, 

b)  Kita tidak tahu karakter lawan interaktif, 

c)  Kita bisa dengan tidak sengaja menyinggung perasaan seseorang. 

 

Istilah yang dikenal sebagai 'netiket' atau nettiquette. Netiket adalah etika dalam berkomunikasi dalam dunia maya. Etika ini penting dipahami agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terutama mispersepsi atau hal lain yang berujung pada pelanggaran undang-undang yang berlaku. 

Contoh dari netiket : 

a)  Jangan Gunakan Huruf Kapital 

b)  Etika mengutip “copy paste” 

c)  Perlakuan berbeda untuk Pesan Pribadi dengan Pesan Umum 

d)  Hati-hati terhadap informasi/ berita hoax 

e)  Ketika 'Harus' Menyimpang Dari Topik (out of topic/ OOT) berilah keterangan, supaya subject dari diskusi tidak rancu. 

f)  Hindari Personal Attack 

g)  Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message) 

h)  Dilarang menghina Agama : 

i)  Cara bertanya yang baik : 

  Gunakan bahasa yang sopan. 

  Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban. 

  Beri judul yang sesuai dan deskriptif. 

  Tulis pertanyaan anda dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti. 

  Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab.

  3)  kebijakan mengakses komputer

Dalam suatu kebijakan pengguna jaringan, tidak jarang juga terdapat kebijakan pengguna saat mengakses computer, diantaranya adalah: 

a)  Manajemen pengguna ; membagi group user menjadi beberapa bagian dari mulai super user (admin) sampai pada guest (tamu) 

b) Manajemen  sistem  komputer;  menerapkan  policy  (kebijakan)  tentang  budaya perusahaan/organisasi yang positif harus bagaimana. 

c)  Manajemen  waktu  akses;  melimitkan  akses  yang  dibolehkan  hanya  pada  


SUMBER INFORMASI DARI=

1.CISCO.COM

2.SUMBERBELAJAR.SEAMOLE.


0 komentar:

Posting Komentar